Hamdan Zoelva :Nggak Terbayang Sebuah Negara Tanpa Pengusaha

By | 13.12.15
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva berharap pengusaha dalam negeri harus terus berkembang. Gunanya untuk menghadang penjajahan ekonomi dari pengusaha luar negeri.

"Nggak terbayang sebuah negara tanpa pengusaha. Kalau itu terjadi, maka negara akan dijajah oleh pengusaha dari luar negeri," ungkap Hamdan dalam sambutannya pada pelantikan Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Kampar di Balai Bupati Kampar, Sabtu (12/12/2015) pagi.

Hamdan diberi kesembatan memberikan arahan kepada pengurus Apindo Kampar terlantik periode 2015-2018. Pelantikan dihadiri sejumlah undangan. Selain Hamdan, tampak hadir di antaranya Brigjen Pol Adhy Prawoto selaku Penasehat DPK Apindo Kampar, Anggota DPRD Riau Ilyas HU dan Kepala Kantor Kemengerian Agama Riau Tarmizi Tohor.

Selain itu, tampak Bupati Kampar Jefry Noer bersama pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar, unsur pimpinan forkompinda, Direktur PDAM Tirta Kampar M. Rusdi dan Ketua KONI Kampar Abdul Gafar. Balai Bupati juga dipadati pinpinan sejumlah organisasi masyarakat, partai dan pimpinan perusahaan.

Mengenakan kemeja batik, Hamdan optimis dapat melahirkan pengusaha baru. Sebab, kata dia, pekerjaan seperti nelayan, petani dan lainnya harus didampingi pengusaha melalui pembinaan. Sehingga dunia usaha dalam negeri diperhitungkan negara lain.

"Sudah menjadi tugas negara membina dan membesarkan pengusaha," tandasnya.

Menyoal Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mulai diterapkan di akhir 2015 ini, menurut Hamdan, harus dihadapi. Sistem ekonomi internasional yang bebas arus barang dan jasa, pastinya akan dikuasai oleh pengusaha bermodal kuat. Itulah sebabnya, pengusaha dalam negeri memiliki poisis yang sangat penting.

Menurut Zoelva, asosiasi pengusaha akan menyangkut tiga hal. Pertama, kemajuan pengusaha, kemajuan pekerja dan pengembangan jumlah anggota. "Saya meminta, tanggung jawab Apindo adalah membina pengusaha kecil," ujarnya.


disadur tribunpekanbaru.com
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda